Kamis, 01 Juni 2017

Boneka Barbie Pertama

The First Barbie
Berdasar pada survey yang dikerjakan oleh Mattel mulai sejak th. 1959 sampai 2010 : Sekurang-kurangnya ada 100, 000 orang kolektor Barbie fanatik didunia ini. Sembilan puluh % salah satunya yaitu wanita – rata-rata berumur 40 th. – yang rata-rata beli dua puluh boneka Barbie tiap-tiap tahunnya. Sekitaran 40% dari mereka menggunakan sekurang-kurangnya US$ 1000/th. cuma untuk beli pernak-pernik boneka Barbie (dari mulai baju, accessories, dan sebagainya).
Barbie yaitu mainan ketiga yang di promosikan lewat tv. Mainan pertama yang dipromosi serta diiklankan di media itu yaitu Mr Potato Head. Mainan ini pertama kalinya disiarkan di tv pada tanggal 1 Mei 1952 serta di jual seharga US$ 0. 98. Sedang mainan ke-2, yaitu Mrs Potato yang iklannya disiarkan di tv pada th. 1953. Bunga Wisuda

Barbie yaitu mainan pertama yang di jual dengan cara internasional ke 150 negara. Mattel mengklaim sekurang-kurangnya 3 boneka Barbie terjual tiap-tiap detik.
Barbie yaitu mainan pertama yang mengenalkan “Modeling Taraf 1/6” (1 : 6 Scale Jenising), yang nantinya jadi standard ukuran mainan jenisling serta action profile. “Modeling Taraf 1/6” dimaksud juga Playscale Miniaturism.
Barbie juga yaitu boneka – dan mainan – pertama yang di jual di pelelangan Christie, London. Pada tanggal 26 September 2006, Boneka Barbie in Midnight Red (produksi th. 1965) terjual dengan harga paling tinggi US$ 17, 000 (9, 000 poundsterling)

Barbie, Ken, serta Toy Story
Barbie yaitu mainan serta boneka pertama sebagai aktris virtual. Mulai sejak th. 1987 sampai hari ini, Barbie sudah “berperan” dalam 23 film serta jadi profilan dalam 2 film. Film pertama Barbie yaitu Barbie and the Rockers : Out of this World (launching th. 1987, di buat oleh DIC Entertainment serta Saban Productions). Sesaat film terbaru Barbie berjudul Barbie Princess Charm School bakal launching pertengahan th. 2011 ini. Barbie juga ikut bertindak sebagai profilan dalam film Toy Story 2 serta Toy Story 3. Di film itu, Barbie bertindak sebagai dianya.
Boneka Barbie jadi Ikon Budaya dunia serta adalah mainan pertama yang memperoleh gelar kehormatan itu. Sebagai penghargaan, pada th. 1974, Pemerintah New York merubah nama Times Square jadi Barbie Boulevard & memakai nama itu sepanjang 1 minggu.
RENTETAN KONTROVERSI BARBIE


Lingerie Barbie
Mulai sejak launching sampai hari ini, boneka Barbie tidak henti-hentinya memetik pro-kontra, kecaman serta cemoohan. Di bawah ini yaitu catatan komplit pro-kontra yang berlangsung sekitar boneka Barbie, mulai sejak waktu launchingnya sampai hari ini :

Th. 1960, Barbie memperoleh kecaman serta dikritik karna wujudnya yang menghadirkan “bentuk badan yang diimpikan golongan wanita”, hingga mendorong beberapa wanita saat itu untuk membuat badan mereka seperti Barbie. Mengakibatkan, pasien Anorexia di saat itu bertambah tajam. Dari sinilah nampak ungkapan “Barbie Syndrome”, yakni ungkapan pada keadaan beberapa wanita yang menginginkan mempunyai badan “sesempurna” Barbie. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar