Selasa, 06 Juni 2017

Cerita Pinokio Berasal Dari Cerita Nyata

Cerita Pinokio Berasal Dari Cerita Nyata


Cerita Pinokio, Si boneka kayu yaitu dongeng anak yang paling populer di semua dunia. Yaitu Carlo Collodi, orang yang membuat narasi pinokio ini 130 th. waktu lalu tepatnya pada tanggal 7 Juli 1881. Riset paling baru membuka kenyataan kalau cerita Pinokio mempunyai akar yang kuat dengan dunia riil. Seseorang pakar computer bernama Alessandro Vegni coba memperbandingkan cerita itu dengan peta histori, cerita Pinokio bersetting di San Miniato Basso tepatnya desa Tuscan, yang ada di pertengahan pada Pisa serta Florensia. Nama asli dari desa itu sesungguhnya yaitu “Pinocchio. ” Boneka Wisuda Murah

Cerita Pinokia, si boneka kayu pinus serta penciptanya Gepetto, di buat berseri pada majalah anak-anak Italia pada saat itu dengan judul La Storia di un Burattino (Cerita Seseorang Marionette) pada th. 1881, lantas dua th. lalu dirubah jadi satu buku yang di beri judul " Petualangan Pinokio " Hal itu dipercayai jadi buku ke-2 sesudah injil yang paling awal ditranslate dalam bhs lain. buku atau novel tersebut yang pada akhirnya memberikan inspirasi keluarnya beberapa ratus edisi barunya, dari mulai drama panggung, pernak-pernik bahkan juga film seperti film animasi Disney.

Tetapi beberapa detail paling baru mengenai kota Florentina dalam cerita itu mengungkap detail baru yang sungguh menarik mengenai karya ikonik itu. “Nama desa itu (San Miniato Basso) yang saat ini diberi pada th. 1924, ” ungkap Vegni. “Kami tahu dari rekaman histori kalau desa itu aslinya bernama ‘Pinocchio, ’ peluang diberi nama seperti nama sungai yang ada di dekat desa itu. ”


Collodi, sang pencipta narasi Pinokio telah pasti tahu mengetahui desa itu. Ayahnya yaitu seseorang koki populer yang hidup di dekat desa itu sepanjang satu tahun lebih. Satu tahun sebelumnya kelahiran Carlo Pada th. 1825, ayahnya geser ke Florensi dari rumah terlebih dulu lokasi Pinocchio untuk bekerja untuk Marquis Lorenzo Ginori Lisci. Vegni meyakini kalau Collodi bukan sekedar mempunyai maksud untuk berkunjung ke San Miniato saja, namun juga ia menginginkan berjumpa sebagian orang di sana serta begitu mungkin saja ia memakai beberapa orang itu untuk memberikan inspirasi karakter-karakternya.

“Saat Geppetto memberi nama bonekanya, ia pernah menyampaikan kalau ia paham semua keluarga Pinocchio baik itu bapak Pinocchio, ibu Pinocchio, serta anak-anak Pinocchio. Masyarakat asli San Miniato dimaksud Pinocchi atau Pinocchini. ”


Diawali dari San Miniato, riset yang dikerjakan oleh Vegni tunjukkan beberapa persamaan dengan cerita hidup Collodi. Ada “casa Il Grillo” (Tempat tinggal Jangkrik), satu bangunan di pedesaan yang namanya mungkin saja mengacu pada Jangkrik Yang Bicara serta desa Osteria Bianca (Penginapan Putih) di mana pubnya masih tetap ada yang Vegni yakin memberikan inspirasi Penginapan Udang Merah dalam narasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar