Kamis, 01 Juni 2017

RENTETAN KONTROVERSI BONEKA BARBIE

RENTETAN KONTROVERSI BARBIE

Lingerie Barbie
Mulai sejak launching sampai hari ini, boneka Barbie tidak henti-hentinya memetik pro-kontra, kecaman serta cemoohan. Di bawah ini yaitu catatan komplit pro-kontra yang berlangsung sekitar boneka Barbie, mulai sejak waktu launchingnya sampai hari ini :
Th. 1960, Barbie memperoleh kecaman serta dikritik karna wujudnya yang menghadirkan “bentuk badan yang diimpikan golongan wanita”, hingga mendorong beberapa wanita saat itu untuk membuat badan mereka seperti Barbie. Mengakibatkan, pasien Anorexia di saat itu bertambah tajam. Dari sinilah nampak ungkapan “Barbie Syndrome”, yakni ungkapan pada keadaan beberapa wanita yang menginginkan mempunyai badan “sesempurna” Barbie. Bunga Flanel Wisuda

Th. 1985, Mattel melaunching product Barbie bernama “Heart Family Midge”, yakni boneka yang perutnya dapat di buka. Didalam perut Barbie itu, kita bisa lihat fetus (bayi yang siap lahir) berbentuk prima. Maksud launching boneka itu yaitu untuk menerangkan sistem melahirkan bayi serta adalah alat edukasi untuk anak-anak. Walaupun itu, product yang di buat berbentuk yang cukup “mengerikan” ini, bikin orangtua anak-anak gerah serta memprotes pada Mattel. Tidak lama kemudian, product ini pada akhirnya ditarik dari peredarannya.
Th. 1992, Mattel melaunching koleksi Barbie Remaja bernama Teen Talk Barbie, dimana semasing boneka bisa bicara sebagian kalimat (serta semasing boneka mengatakan kalimat yang tidak sama). Dari demikian banyak boneka yang launching, Barbie yang mengatakan “Math Class is tough! ” memperoleh kecaman dari American Association of University Women, karna dikira mendorong kaum hawa muda untuk memusuhi pelajaran Matematika. Bln. Oktober 1992, Mattel dengan cara resmi menarik semuanya boneka Barbie yang mengatakan kalimat itu.



Oreo Fun Barbie
Th. 1993, boneka Barbie jadi subyek parodi yang cukup menggemparkan serta mengagetkan beberapa orangtua. Yaitu group bernama Barbie Liberation Organization (BLO) – satu group yang terbagi dalam remaja iseng – yang memasukkan “voice box” boneka GI Joe kedalam boneka Barbie, lalu dengan cara diam-diam memasukkan boneka itu ke beberapa rack pajangan di beberapa toko mainan yang jual Barbie. Serta saat ada anak yang beli mainan Barbie itu, serta dengan cara tidak berniat menghimpit “voice box”, bakal nampak perkataan dari boneka itu, seperti “Eat lead, Cobra” atau “Vengeance is mine! ”. Tindakan ini pernah meresahkan beberapa orangtua serta penjualan Barbie pernah turun saat itu. Tetapi aksi ini dengan cepat teratasi.
Th. 1997, Mattel bekerja sama juga dengan Nabisco meluncurkan Barbie serta Oreo Cookies yang mereka namai “Oreo Fun Barbie”. Untuk penjualannya, Mattel keluarkan Barbie dengan versus berkulit putih serta berkulit hitam. Waktu boneka berkulit hitam launching, kecaman serta memprotes nampak dari komune Afro-America. Mereka berasumsi boneka itu mengejek golongan Afro-Amerika karna menimbulkan arti “hitam diluar, putih di dalam”. Untuk hindari gosip rasial itu, Mattel pada akhirnya mengambil keputusan untuk menarik Barbie berkulit hitam dari pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar